Menganalisa Pelanggan Dalam Rencana Bisnis Anda

Bagian Analisis Pelanggan dari rencana bisnis menilai segmen pelanggan yang dilayani perusahaan. Di dalamnya, perusahaan harus 1) mengidentifikasi target pelanggan, 2) menyampaikan kebutuhan pelanggan ini, dan 3) menunjukkan bagaimana produk dan layanannya memenuhi kebutuhan ini.

Langkah pertama Analisis Pelanggan adalah menentukan dengan tepat pelanggan mana yang dilayani perusahaan. Ini membutuhkan kekhususan. Tidaklah memadai untuk mengatakan bahwa perusahaan menargetkan bisnis kecil, misalnya, karena ada beberapa juta dari pelanggan jenis ini. Sebaliknya, rencana tersebut harus mengidentifikasi dengan tepat pelanggan yang dilayaninya, seperti usaha kecil dengan 10 hingga 50 karyawan yang berbasis di kota-kota metropolitan besar di Pantai Barat.

Setelah rencana tersebut secara jelas mengidentifikasi dan mendefinisikan pelanggan sasaran perusahaan, perlu untuk menjelaskan demografi pelanggan tersebut. Pertanyaan yang harus dijawab meliputi: 1) berapa banyak pelanggan potensial yang sesuai dengan definisi yang diberikan, apakah basis pelanggan ini tumbuh atau menurun, 2) berapa pendapatan / pendapatan rata-rata pelanggan ini, dan 3) di mana pelanggan ini berdasarkan geografis,

Setelah menjelaskan demografi pelanggan, rencana tersebut harus merinci kebutuhan pelanggan ini. Menyampaikan kebutuhan pelanggan dapat berupa tindakan masa lalu (X% telah membeli produk serupa di masa lalu), proyeksi di masa depan (ketika diwawancarai, X% mengatakan bahwa mereka akan membeli produk / layanan Y) dan / atau implikasi (karena X% menggunakan suatu produk / layanan yang meningkatkan / menggantikan produk / layanan kami, maka X% membutuhkan produk / layanan kami).

Rencana bisnis juga harus merinci pendorong pengambilan keputusan pelanggan. Contoh pertanyaan yang harus dijawab termasuk: 1) Apakah pelanggan menemukan harga lebih penting daripada kualitas produk atau layanan, dan 2) apakah pelanggan mencari tingkat keandalan tertinggi, atau akankah mereka mendapatkan dukungan mereka sendiri dan hanya mencari tingkat layanan dasar,

Ada satu langkah penting terakhir dalam Analisis Pelanggan – menunjukkan pemahaman tentang proses pengambilan keputusan yang sebenarnya. Contoh pertanyaan yang harus dijawab di sini termasuk: 1) apakah pelanggan akan berkonsultasi dengan orang lain di organisasi / keluarga mereka sebelum membuat keputusan ,, 2) akankah pelanggan mencari beberapa tawaran, dan 3) apakah produk / layanan memerlukan perubahan operasional yang signifikan (mis., apakah pelanggan harus menginvestasikan waktu untuk mempelajari teknologi baru, akankah produk / layanan menyebabkan anggota lain dalam organisasi kehilangan pekerjaan mereka, dll.).

Sangat penting untuk benar-benar memahami pelanggan untuk mengembangkan strategi bisnis dan pemasaran yang sukses. Dengan demikian, investor canggih memerlukan profil komprehensif pelanggan target perusahaan. Dengan menghabiskan waktu untuk meneliti dan menganalisis pelanggan target Anda, Anda akan mengembangkan strategi bisnis dan kesuksesan pendanaan Anda.

Leave a Reply