Keterampilan Komunikasi Penting Untuk Bisnis

Terlepas dari perbedaan budaya perusahaan, keterampilan komunikasi dan presentasi yang baik umumnya merupakan atribut penting dari seorang pebisnis yang sukses. Apakah Anda seorang akuntan dari Singapura atau seorang CEO dari Inggris atau seorang guru dari Filipina, keterampilan presentasi dan komunikasi Anda merupakan penentu penting seberapa jauh Anda bisa melangkah dalam karier Anda.

Dalam bisnis, komunikasi adalah alat penting dalam menyampaikan pesan-pesan utama kepada klien dan bahkan kepada karyawan. Apakah itu tatap muka atau percakapan telepon, melalui e-mail, atau laporan tertulis, surat, atau memo, komunikasi untuk bisnis memerlukan strategi yang berbeda.

Pengungkapan Diri

Tingkat pengungkapan diri menentukan kedalaman informasi yang akan dibagikan kepada pengguna akhir. Dalam bisnis, bukan teknik komunikasi yang penting, tetapi juga keterampilan presentasi Anda. Sebagai perwakilan dari perusahaan Anda, penting bagi Anda untuk memberikan informasi berharga tentang Anda dan organisasi Anda tanpa menjadi terlalu agresif atau defensif. Pengungkapan diri yang seimbang membuka hubungan yang lebih kaya antara anggota perusahaan dan kliennya.

Mendengarkan dan Bernegosiasi

Dua dari keterampilan komunikasi yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah kemampuan untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan menegosiasikan istilah-istilah yang menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini membutuhkan mempertahankan minat orang yang berbicara kepada Anda dengan menyambut ide-ide baru dan menunda penilaian di pihak Anda sampai klien mempresentasikan persyaratannya.

Di Self Leadership International, Anda dan orang-orang Anda tidak hanya akan dilatih tentang cara menyampaikan pesan tetapi juga cara menyampaikannya secara efektif. Tujuh puluh lima persen dari operasi perusahaan bergantung pada komunikasi sehingga investasi pada pelatihan pengembangan adalah usaha yang bagus terutama jika Anda memikirkan manfaat jangka panjang yang dapat diberikannya kepada perusahaan Anda.

Latihan Konstan

Latihan membuat sempurna. Karenanya, keterampilan komunikasi dan presentasi harus dipraktikkan di tempat kerja. Menghadirkan rapat tidak harus selalu menjadi tugas manajemen. Dorong karyawan Anda untuk terlibat. Mereka dapat melakukan presentasi di bidang yang mereka ikuti. Dengan cara ini, Anda memberi mereka kesempatan yang baik untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan komunikasi dan presentasi mereka.

Leave a Reply