Bisnis Dan Ekonomi India Setelah Serangan Mumbai.

Serangan teror di Mumbai pada tanggal 26 November 2008 mungkin membuat perusahaan India tidak tenang, tetapi hanya sementara. Dalam menghadapi kesulitan, perusahaan India berdiri bersatu untuk mengatasi krisis ini, dan muncul lebih kuat, bertekad untuk memastikan bahwa serangan-serangan itu tidak merusak iklim ekonomi, dan bahwa ekonomi tidak terlalu menderita karena serangan-serangan itu. Ketika informasi tentang serangan-serangan di India menyebar, ada kekhawatiran mengenai investasi, terutama investasi asing langsung ke India yang dapat terpengaruh. Ketika semakin banyak orang mencari informasi tentang India dari berbagai sumber daya dan badan industri, perusahaan India berbicara dengan satu suara untuk mengatakan bahwa mereka akan melakukan segalanya sesuai kapasitas mereka untuk memastikan bahwa iklim ekonomi tetap stabil, dan positif. India Brand Equity Foundation, kemitraan publik-swasta antara Kementerian Perdagangan dan Industri, Pemerintah India, dan Konfederasi Industri India, telah menunjukkan komitmen para pemimpin perusahaan melalui artikel-artikel berita yang menangkap sentimen dan kepercayaan mereka.

Keyakinan mereka terhadap ekonomi juga digaungkan oleh investor asing. Pada 26 November 2008, Departemen Keuangan menyatakan bahwa pemerintah telah menyetujui 32 proposal investasi langsung asing, sementara perdagangan Indo-Arab (tidak termasuk perdagangan minyak), yang bernilai $ 30 miliar pada 2006-07, diperkirakan akan menyentuh US $ 100 miliar mark dalam dua-empat tahun ke depan. Menurut sumber daya industri, India menyaksikan peningkatan investasi sebesar 36 persen selama periode Juli-September 2008 dan investasi terus meningkat. Penelitian industri mengungkapkan bahwa industri yakin pertumbuhan berkelanjutan di ekonomi India, terutama yang berkaitan dengan investasi asing langsung. Konfederasi Industri India berkata, “Angka-angka PDB menegaskan kembali keyakinan kami bahwa ekonomi India tetap tangguh dalam menghadapi angin sakal.”

Mengingat langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan ekonomi, keputusan tegas yang ditampilkan oleh perusahaan India untuk memastikan iklim ekonomi tetap positif, India siap untuk menarik investasi yang lebih besar, terutama investasi asing langsung di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply