Bagaimana Strategi Merek Dapat Membantu Bisnis Anda Berkembang

Brandis tidak lain adalah pemikiran dan asosiasi dalam benak pelanggan. Sebuah merek milik pelanggan dan bukan di ruang dewan sehingga lebih penting untuk memahami siapa pelanggan kami dan apa yang mereka inginkan dari merek tersebut. Pilihan pelanggan memiliki kekuatan yang telah membuat merek-merek seperti sepakbola dan Amitabh Bachchan.

 Karena itu, jika Anda berpikir tentang merek yang sukses, beberapa hal terkait lainnya juga akan muncul bersama dengan nama merek seperti, warna yang terkait, orang, kualitas dll. Semua merek yang sukses menampilkan beberapa karakteristik umum yang telah membuatnya begitu besar.

 Berdiri merek adalah benar pada intinya, mengetahui siapa mereka dan menampilkan karakteristik nyata mereka. Mereka berbeda dan cemerlang di bidangnya masing-masing dan menonjol di antara orang banyak. Merek seperti itu menggugah sehingga menghasilkan emosi dan perasaan di antara para pelanggan. Perusahaan-perusahaan ini mempertahankan keaslian dan kreativitas, dan terus mengejutkan pelanggan mereka. Tidak hanya ini, mereka adalah juara dalam industri mereka, menjadi pemimpin dan bukan pengikut dan menciptakan opini. Mereka tahu bagaimana cara melibatkan staf dan pelanggan mereka.

 Tetapi pencapaian seperti itu bukanlah tugas semalam. Anda harus siap dengan strategi merek yang lengkap untuk membuat bisnis Anda menjadi merek sejati. Strategi merek adalah upaya berkelanjutan untuk membangun nilai yang dirasakan merek. Untuk membangun strategi yang akan membawa merek Anda ke nilai yang diinginkan akan membutuhkan banyak penelitian dan perencanaan.

 Penelitian harus bersifat eksternal maupun internal. Anda perlu mencari ke dalam sebelum melihat ke luar perusahaan Anda. Berbicaralah dengan staf Anda dan pemangku kepentingan untuk memahami apa yang mereka rasakan dari merek Anda dan bagaimana menurut mereka itu dapat ditingkatkan. Studi tentang tren, profil, dan perilaku pelanggan juga penting untuk memahami perubahan dan meramalkan tren yang akan datang.

 Setelah Anda melakukan tinjauan internal, lihat-lihat dan bicarakan dengan pelanggan Anda. Cobalah untuk menerima umpan balik pelanggan untuk mempelajari apa yang kurang dari Anda dan apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan Anda. Memahami kesadaran merek, persepsi pelanggan Anda, alasan pembelian, dan perilaku pembelian juga diperlukan. Ini akan memberi tahu di mana Anda berada dan bagaimana Anda perlu strategi.

 Analisis dan penelitian pesaing adalah elemen penting lain yang tidak dapat diabaikan. Anda harus menyadari pesaing Anda dan kemampuan mereka. Kenali pesaing Anda; belajar tentang konsep mereka, titik sentuh mereka dan proposisi penjualan unik mereka. Analisis ini akan memberi Anda awal karena Anda akan menyadari bidang-bidang di mana Anda harus lebih menekankan dan memiliki ide untuk menciptakan citra yang berbeda di pasar yang memiliki banyak pemain.

 Setelah semua pekerjaan penelitian yang diperlukan selesai, Anda siap untuk melangkah ke tingkat berikutnya; yaitu strategi rencana yang akan membawa merek ke posisi yang diinginkan. Hal penting pada tahap ini adalah memastikan bahwa Anda melibatkan tim Anda di semua tingkatan untuk menyoroti kepribadian unik Anda dan menentukan posisi Anda. Ini akan menyoroti nilai-nilai, kepercayaan, dan karakteristik perusahaan Anda. Menentukan posisi di pasar adalah penting karena Anda akan menentukan kelompok sasaran dan segmen Anda. Sebelum Anda memasuki pasar Anda harus tahu audiens Anda, maka hanya Anda yang bisa fokus pada apa yang mereka inginkan dan bukan pada apa yang ingin Anda jual.

 Setelah Anda menentukan posisi dan kepribadian Anda, mudah untuk berkomunikasi dengan audiens Anda dengan pesan yang tepat. Anda juga dapat menggunakan pengalaman dan umpan balik pelanggan Anda untuk menciptakan daya tarik emosional.

 Langkah selanjutnya adalah mewujudkan rencana itu dan bekerja untuk memelihara merek Anda. Tingkatkan pengalaman merek dengan mengembangkan budaya yang baik menggunakan kreativitas dan memulai kegiatan yang berfokus pada merek dan terintegrasi dengan merek.

 Elemen-elemen lain yang bergerak di sekitar merek Anda seperti manajemen merek dan sistem kontrol tidak boleh diabaikan karena ini adalah faktor-faktor yang bekerja menuju pemeliharaan merek dan tidak diperhatikan jika dilakukan dengan baik. Tetapi begitu elemen-elemen ini diabaikan, kesehatan merek akan mulai memburuk.

 Oleh karena itu strategi merek adalah proses yang panjang dan berkelanjutan yang melibatkan pengambilan keputusan penting untuk membawa merek dari level yang dirasakan ke level yang diinginkan. Banyak yang dapat dipelajari dari merek-merek stabil karena mereka telah berjuang keras untuk menciptakan citra dan bertahan terhadap semua pesaing di pasar.

Leave a Reply